Agen pulsa murah
loading...

5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru

5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru - Hallo sahabat Bagi Bagi Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Unik dan Aneh, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru
link : 5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru

Baca juga


5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru

loading...
Guru adalah seorang yang memberikan pelajaran pada orang lain berupa ilmu pengetahun. Guru adalah pekerjaan mulia karena dari dirinyalah terlahir manusia-manusia yang akan menjadi harapan bangsa kelak di kemudian hari. Pekerjaan guru bukanlah pekerjaan yang mudah semudah memalik telapak kaki maupun tangan. Diperlukan skill dan keterampilan yang harus dimiliki seorang guru bila mengajarkan pada orang lain khsususnya peserta didik. 

Bahkan tidak hanya itu saja, kesiapan mental dan kesiapan spritual harus juga ada di dalam diri seorang guru. Mengajar dan mendidik seorang manusia tidak seperti mambangun sebuah bangunan jembatan atau rumah. membangun rumah sangatlah mudah, tinggal siapkan bahan-bahanya, panggil tukang untuk membuat bangunan, maka dalam waktu yang tidak lama jadilah rumah atau jembatan yang kita impikan.

Penulis juga adalah seorang guru. Sebagai guru yang sudah punya pengalaman beberapa tahun penulis memiliki pelajaran berharga menjadi seorang guru. Tapi maaf tidak bermaksud untuk menggurui apalagi mengatakan dengan sombong bahwa penulis telah berhasil mejadi guru yang baik. Sama sekali tidak. Hanya sekradar berbagai info dan pengalaman saja. Betul tidak ? Berikut beberapa hal yang harus dimiliki seseorang jika menjadi seorang guru :

5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru


1. Kesabaran

Sabar menghadapi murid salah satunya. Pelajar atau murid akan datang dari berbagai latar belakan yang berbeda-beda baik prilaku, kebiasaan, dan lain sebagainya. Maka dari itu mereka masih perlu adaptasi dengan keadaan sekolah yang serba harus disiplin dan aktif dalam mengikuti aturan yang ada di sekolah. Termasuk pada saat menerima pelajaran dan juga menghadapi guru. Untuk itu kesabaran saat mengajar sangatlah penting. Jangan sampai siswa atau pelajar tidak bisa menerima pelajaran dengan baik karena kita emosi menhadapi mereka. Hadapi mereka para pelajar dengan hati yang sejuk. Pahami dan sadari bahwa mereka masih kecil dan tidak tahu apa-apa. Tugas kitalah untuk memberikan pengetahuan pada mereka sehingga bisa nengerti pentingnya disiplin dan patuh pada guru. Menghadapi pelajar atau murid dengan perasan emosi hanya akan semakin memperburuk keadaan seperti siswa semakin penakut atau bahkan menjadi pemberani yang nekad. Maka tujuan kita mendidik dan mentransfer pengetahuan akan gagal.

2. Pengetahuan dan Pengalaman yang Luas

Jangan mengajar kalau Anda tidak tahu apa-apa. Ya nggak ? Artinya jika anda bodoh jangan mengajar dong. Apa yang akan diberikan pada murid jika pengetahuan anda sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Maka pengetahuan dan pengalaman yang luas sangat dibutuhkan untuk menjadi guru. Terlebih di zaman internet atau zaman android ini, di mana transfer pengetahun bisa dibaca dari sumber apa saja, tidak hanya sekolah. Banyak siswa yang bisa mengakses internet dan android dari manapun dan kapanpun. Dari media internet tersebut mereka juga bisa menyerap pengetahuan di rumah mereka. Kalau guru tidak berpengetahuan luas, tidak mau menyerap pengetahuan pula dari media internet misalnya, maka guru akan ketinggalan zaman, ketinggalan informasi penegtahuan. Akhirnya murid-muridnya akan lebih banyak pengetahuaannya karena mencari sendiri pengetahuan tersebut. Mau kalah sama murid ?

3. Semangat Tinggi

Kalau mau jadi guru haruslah yang semangatnya tinggi. Dengan semanat tinggi itu akan membuat para muridnya semangat pula. Dengan semangat yang ada pada diri seorang guru akan membuat suasana kelas atau suasana belajar menjadi dinamis dan hidup. Keberhasilan seorang guru mengajar adalah apabila bisa menjadikan muridnya semangat dan ketagihan untuk belajar dan belajar lagi. Hanya dengan semangat yang lahir dari seorang guru, maka murid akan lebih termotivasi belajarnya. Semangat guru ditandai dengan senyumnya yang selalu mengembang saat mengajar, selalu ceria dalam setiap waktu, menjadikan murid selalu ceria pula.

4. Rendah Hati dan Kuat Mental

Manusia diciptkan Allah, Tuhan Yan Maha Esa, berbeda-beda karakter dan kemapaunnya. Maka sebaiknya guru harus memiliki rasa rendah hati, tidak sombong di hadapan murid-murid. Tidak menutupm kemungkinan ada sebagian murid yang lebih cerdas, lebih pintar dan lebih luas pengetahuannya dari pada kita. Maka saat inilah tantangan dan ujian berat dan besar bagi guru. Mendidik mereka agar menjadi manusia yang rendah hati tentu saja harus dimulai dari kita sendiri. Rendah hati yang kita miliki akan menular juga pada murid. Ya nggak ? Bukankah "guru itu digugu dan ditiru"? Maka dari itu guru hendaknya memiliki rendah hari, tidak merasa bahwa dirinya lebih tinggi dan lebih luas pengetahuannya dari pada muridnya.

5. Percaya Diri

Seorang guru harus yakin bahwa dirinya bisa mengajar dan mendidik murid-muridnya. Rasa percaya diri yang tinggi akan membuat guru bisa mengajar dengan rasa penuh keyakinan. Jangan sampai Anda menjadi guru sementara dalam diri Anda terbersit rasa lemah dan tidak percaya pada kemampuan yang Anda miliki. Rasa percaya diri dan keyakinan yang kuat akan membuat Anda mumpuni di hadapan murid-murid. Buatlah murid Anda senang dan bangga pada anda sebagai guru yang berpengatahuan luas. Percayalah bahwa Anda bisa mengajar dan mendidika mereka dengan baik. Percayalah bahwa Anda memiliki kemampuan untuk membuat mereka cerdas dan pintar.

Masih banyak tentunya apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru. Tapi sementara itu saja dari penulis yang menulis artikel sesuai dengan pengalaman pribadi. Semoga menjadi pengetahuan berharga dan berguna buat Anda.


from Berita Unik dan Aneh http://ift.tt/2kZvHYP
noreply@blogger.com (Mukti Effendi) http://ift.tt/2jXj7gh http://ift.tt/2mccpkE


Demikianlah Artikel 5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru

Sekianlah artikel 5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru dengan alamat link https://akubagiberita.blogspot.com/2017/02/5-hal-penting-yang-harus-dimiliki.html
loading...

0 Response to "5 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Seseorang Saat Menjadi Seorang Guru"

Posting Komentar