Agen pulsa murah
loading...

Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments

Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments - Hallo sahabat Bagi Bagi Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Penting, Artikel Fpedia.id – Database Kehidupan Anda, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments
link : Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments

Baca juga


Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments

loading...

Karena setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda maka diperlukan tes psikologi untuk mengetahuinya. Tes psikologi ini berguna untuk mengetahui watak dan karakter seseorang. Menurut Hippocrates, kepribadian manusia terbagi menjadi 4 bagian, yakni plegmatis, koleris, sanguinis, dan melankolis. Semua jenis kepribadian tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan mengenai tes psikologi kepribadian, ada baiknya kita ketahui dulu definisi kepribadian.

Apa itu kepribadian?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kepribadian adalah hak untuk menggunakan harkat martabat manusia (jiwa, tubuh, kehormatan) dengan leluasa. Menurut psikolog Gordon Allport, kepribadian adalah suatu organisasi (berbagai aspek psikis dan fisik) yang merupakan suatu struktur dan sekaligus proses.

Dalam kehidupan sehari-hari kepribadian lebih sering diartikan sebagai suatu ciri yang menonjol dari seseorang, misalnya seseorang yang selalu marah secara tidak langsung akan mendapat predikat pemarah. Demikian halnya dengan orang pemalu atau orang pendiam. Lain lagi jika seseorang yang pengecut dan plin plan. Terkadang mereka justru dijuluki sebagai orang yang tidak memiliki kepribadian.

Kadang kepribadian seseorang susah ditebak. Maka dari itu diperlukan tes psikologi untuk melacak kepribadian seseorang. Karena bisa jadi seseorang memiliki lebih dari satu kepribadian. Tes psikologi bisa membantu karakter dan kepribadian seseorang.

Apa perbedaan kepribadian dengan karakter?

Sebagaimana yang dilansir dari situs Psychology Today, kepribadian dan karakter merupakan dua hal yang berbeda. Kepribadian lebih mudah dibaca daripada karakter. Kita langsung bisa menyimpulkan apakah seseorang itu pemalu, lucu, atau energik hanya dengan sekali lihat. Sementara untuk mengenal karakter seseorang diperlukan waktu yang cukup lama. Tapi tes psikologi bisa membantu dalam mengenali karakter seseorang.

Karakter adalah apa yang menjadi ciri khas dari seseorang. Biasanya karakter sudah dimiliki seseorang sejak lahir dan akan terus terbentuk sesuai dengan pengalaman yang dilalui. Sedangkan kepribadian merupakan manifestasi dari karakter seseorang. Misalnya seseorang yang memiliki karakter jujur. Maka manifestasi dari karakternya adalah melakukan semua hal dengan jujur. Ia akan menganggap bahwa kejujuran itu penting.

Terkadang kita sulit menebak karakter seseorang. Maka dari itu dibutuhkan tes psikologi untuk mengetahui karakter seseorang. Bahkan ada beberapa orang yang sulit menentukan kepribadian dan karakternya sendiri.

Apa saja tipe kepribadian manusia?

Pengelompokan tipe kepribadian telah dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Tapi dari sekian banyak tipe kepribadian yang dikelompokkan oleh para ahli psikologi, tipe kepribadian yang dibuat oleh Hippocrates merupakan salah satu yang paling populer. Ini juga yang paling sering dijadikan sebagai tes psikologi kepribadian.

Hippocates membaginya menjadi 4 bagian tipe yakni, plegmatis, koleris, sanguinis, dan melankolis. Keempat tipe ini terinspirasi dari 4 elemen yaitu, air, api, tanah, dan udara yang bersifat basah, panas, dingin dan kering. Keempat istilah ini kemudian dikenal dengan nama Four Temperaments. Ini merupakan jenis kepribadian yang mendefinisikan bagaimana cara seseorang berpikir, merasakan, dan berprilaku.

Tidak perlu berlama-lama berikut merupakan penjelasan mengenai tipe kepribadian manusia yang dilansir dari situs Ask Women Net dan Psychologia.

1. Tipe Sanguinis (Si Populer)

Tipe sanguin merupakan tipe yang paling terbuka dari keempat tipe lainnya. Orang dengan tipe ini biasanya memiliki sifat spontan, optimis, antusias, semangat, suka bergaul, senang mencari hal-hal baru, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka senang berbicara dan mudah menyesuaikan diri maka tidak heran jika orang dengan tipe ini sering disebut sebagai orang yang terbuka.

Mereka yang masuk tipe sanguin biasanya memiliki ekspresi wajah yang ramah dan hangat. Mereka tidak akan tahan untuk tidak berkenalan dengan orang asing yang ada di hadapannya. Mereka jarang meratapi masa lalu ataupun mengkhawatirkan masa depan. Mereka lebih menikmati hari-hari yang dilaluinya dengan penuh kegembiraan.

Kelemahan dari tipe ini adalah suka membesar-besarkan suatu hal. Selain itu mereka juga susah untuk diam bahkan ketika sedang bekerja, mudah dikendalikan oleh orang lain, lemah dalam konsentrasi, dan sering mendominasi percakapan bahkan menyela ucapan orang lain dan enggan mendengarkannya sampai tuntas.

Tapi orang-orang dengan tipe sanguinis biasanya sangat kreaif dan berpotensi menjadi seniman. Mereka memiliki kemampuan menghibur yang sangat baik. Hal ini akan lebih baik lagi jika mereka memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan tersebut. Mereka cocok menekuni profesi yang bergelut di bidang seni, pemasaran, pariwisata, fashion, kuliner, atau olahraga. Tokoh terkenal yang memiliki tipe kepribadian ini antara lain adalah Will Smith, Goldie Hawn, Robin Williams, Jim Carrey, Lady Gaga, and Kelly Ripa.

2. Tipe Plegmatis (Si Cinta Damai)

Tipe plegmatik merupakan tipe orang yang tertutup dan sangat pendiam. Mereka biasanya sangat simpatik dan menyenangkan. Mereka jarang mengutarakan ide atau apa yang mereka rasakan karena mereka khawatir itu akan melukai orang lain. Bisa dikatakan bahwa orang dengan tipe ini adalah orang yang sangat baik, sensitif, dan manis.

Mereka yang plegmatis pun biasanya sangat lucu karena memiliki selera humor yang baik. Karena memiliki sifat ‘tidak enakan’, mereka juga sering dijuluki dengan sebutan ‘pembawa damai’. Karena sifat ini pula mereka bisa jadi teman yang menyenangkan. Orang dengan tipe ini juga cenderung lebih tenang, tidak mudah emosi, dan tidak menampakkan perasaannya meskipun ia sedang marah.

Kelemahan dari tipe ini adalah kurang antusias, khususnya pada perubahan. Mereka juga terlalu takut dan khawatir, selalu menghindari konflik, selalu merasa benar, dan terlalu pemalu hingga kurang bergaul.

Orang-orang dengan tipe plegmatis biasanya senang membantu orang lain bahkan bergabung ke badan amal. Maka dari itu profesi yang ideal bagi mereka sebaiknya berkaitan dengan bidang keperawatan, belajar-mengajar, psikologi, konseling, perkembangan anak, dan pelayanan sosial. Tokoh terkenal yang memiliki kepribadian ini antara lain adalah Keanu Reeves, Tim Duncan, Calvin Coolidge, Princess Diana, Oprah Winfrey, dan Ian Crocker.

3. Tipe Koleris (Si Kuat)

Tipe koleris juga merupakan tipe terbuka akan tetapi sifat terbukanya masih lebih rendah daripada tipe sanguinis. Mereka yang termasuk dalam tipe ini biasanya bersifat to the point dan apa adanya. Mereka juga cenderung aktif, bersemangat, ambisius, cerdas dan penyuka tantangan. Selain itu, mereka juga memiliki keberanian tinggi dan senang bersaing.

Karena sifat-sifatnya itulah orang dengan tipe koleris cenderung keras kepala. Mereka juga sangat sulit berkompromi kecuali hal itu bermanfaat bagi tujuan mereka karena mereka selalu memiliki tujuan yang jelas untuk semua hal. Biasanya mereka juga suka mengambil alih dan senang memerintah orang di sekitarnya tanpa peduli apakah orang itu menyukainya atau tidak.

Kelemahan dari tipe ini adalah sifatnya yang tidak sabar dan cepat marah. Mereka juga terlalu rinci, menyukai kontroversi, terlalu kaku, dan tidak menyukai air mata sehingga sering disebut sebagai orang yang tidak peka.

Orang-orang dengan tipe koleris lebih suka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan sama dengan mereka. Profesi yang ideal untuk orang tipe koleris sebaiknya berkaitan dengan manajemen, teknologi, statistik, mesin, program, dan bisnis. Tokoh terkenal yang memiliki tipe kepribadian ini antara lain adalah Rudy Guiliani, Winston Churchill, Napoleon Bonaparte, Margaret Thatcher, Mark Zuckerberg, dan Donald Trump.

4. Tipe Melankolis (Si Sempurna)

Tipe melankolis cenderung memiliki sifat tenang, setia, dan rapi. Sebenarnya orang dengan tipe ini adalah orang yang berbakat tapi mereka justru tidak menyadari bakat itu. Mereka termasuk orang yang berhati-hati dan sedikit tertutup. Tapi mereka juga sangat penyayang, setia, dan peduli. Sifat estetis yang dalam membuat mereka sangat menghargai seni.

Orang dengan tipe ini juga cenderung lebih sering murung dan putus asa. Mereka juga perfeksionis namun itu justru sering membuat mereka jadi meremehkan diri sendiri meski kenyataannya mereka sudah melakukan segala hal dengan baik. Karena itulah mereka sering takut akan kegagalan dan menjadi terlalu serius.

Kelemahan dari tipe ini adalah cenderung melihat masalah dari sisi negatifnya saja. Mereka juga pendendam, mudah merasa bersalah, lebih fokus kepada cara daripada tujuan, dan plin plan jika tertekan pada situasi.

Tapi orang-orang dengan tipe melankolis sangat berjiwa sosial dan selalu berusaha memberikan kontribusi kepada masyarakat. Profesi yang cocok untuk tipe ini berkaitan dengan bidang manajemen, akuntansi, administrasi, dan berbagai pekerjaan sosial lainnya. Tokoh terkenal yang memiliki tipe kepribadian ini antara lain adalah Michelangelo, Nicole Kidman, Audrey Hepburn, Albert Einstein dan Bill Gates.

Sebenarnya ada juga orang yang memiliki keempat tipe kepribadian tersebut. Tapi ada beberapa sifat yang dominan pada tipe kepribadian tertentu. Nah, apakah Anda sudah tahu mana kepribadian Anda? Jika belum yakin, maka cobalah ikuti tes psikologi ini. Siapa tahu bisa membantu Anda untuk mengetahui apa tipe kepribadian Anda.

Baca juga artikel tentang tes psikologi.

Saatnya mencoba tes psikologi

Jika tadi Anda sudah mengetahui apa saja tipe kepribadian, kini saatnya Anda mencoba tes psikologi untuk mengetahui apa tipe kepribadian Anda. Untuk mencoba tes psikologi ini caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menjawab 8 pertanyaan tes psikologi. Jawablah pertanyan tes psikologi tersebut dengan jujur dan memang sesuai dengan Anda agar tidak ada kekeliruan.

Inilah tes psikologi untuk kepribadian yang dilansir dari situs Psychologia. Selamat mencoba.

1. Bagaimana perasaan Anda jika sedang mengalami situasi tidak terduga?

a. Saya benar-benar menyukainya. Saya seolah mendapat energi dan merasa lebih hidup!

b. Tergantung situasinya.

c. Biasa saja, tapi kadang-kadang hal itu membuat saya merasa terganggu

d. Saya sangat terganggu. Saya senang merencanakan apa yang akan saya lakukan ke depannya.

2. Apakah Anda orang yang spontan?

a. Ya, saya sangat senang dengan hal-hal yang mendadak.

b. Saya tidak bisa menyebut diri saya spontan. Saya seorang yang emosional dan sering berubah pikiran.

c. Saya tidak spontan tapi ketika dibutuhkan saya tetap bisa mengambil tindakan cepat.

d. Saya sama sekali tidak spontan. Saya suka membuat perencanaan dan persiapan yang matang.

3. Apakah Anda mudah merasa bosan?

a. Ya, saya cepat sekali merasa bosan. Saya tidak bisa melakukan sesuatu yang sama terlalu lama. Saya harus menemukan tempat- tempat baru, mengenal orang-orang baru, dan melakukan hal- hal baru lainnya. Jika tidak saya akan stres.

b. Tidak juga. Saya cenderung dekat dengan orang-orang dan tempat. Hal inilah yang membuat saya terhindar dari rasa bosan.

c. Tidak. Saya selalu melakukan hal-hal yang menarik. Saya tidak bergantung kepada orang lain atau keadaan tertentu untuk menyenangkan saya. Karena saya memiliki tujuan dan rencana sendiri. Jadi, tidak ada kata bosan dalam hidup saya.

d. Saya tidak pernah merasa bosan. Saya bahkan bisa hidup di tempat terpencil yang tidak ada hiburan sama sekali tanpa merasa bosan.

4. Apa saja yang menarik minat Anda?

a. Saya tertarik pada berbagai hal. Namun, saya tidak menekuninya.

b. Saya sangat suka dengan komunikasi dan hubungan. Karena saya tertarik untuk mengetahui orang-orang di sekitar saya.

c. Saya tertarik pada berbagai hal tapi sangat sulit bagi saya untuk menekuninya sekaligus. Saya cenderung mempelajari satu hal secara rinci terlebih dahulu lalu beralih ke hal berikutnya. Tapi hal paling menarik bagi saya adalah teknologi. Karena saya ingin mengetahui dan memahami bagaimana sesuatu bekerja.

d. Saya tidak bisa mengatakan kalau saya punya banyak ketertarikan, tapi saya adalah orang yang berpendidikan.

5. Seberapa emosionalkah Anda?

a. Saya emosional, tapi saya tidak begitu sensitif terhadap apa yang orang lain rasakan.

b. Saya adalah orang yang sangat emosional dan sangat sensitif.

c. Saya bisa tetap tenang meskipun sedang marah. Biasanya saya cenderung menyembunyikan perasaan saya. Saya juga bisa memecahkan masalah tanpa emosi dan saya bangga dengan itu.

d. Saya tidak emosional.

6. Bagiamana tingkat energi Anda?

a. sangat tinggi

b. Tergantung dari suasana hati saya dan apa yang terjadi dalam hidup saya.

c. Tingkat energi saya stabil. Jika saya sedang merasa terpuruk maka saya bisa memaksa diri untuk bangkit kembali dan melakukan hal seperti biasa.

d. Tingkat energi? Apa maksud Anda?

7. Menurut Anda, akhir pekan yang ideal itu seperti apa?

a. Melakukan hal baru, misalnya jalan-jalan.

b. Menghabiskan waktu dengan pasangan saya. Jika saya single maka saya akan membaca novel-novel romantis atau menonton film romantis.

c. Memanfaatkan hari libur untuk mempelajari hal-hal baru atau keterampilan baru yang dapat membantu saya dalam mencapai tujuan saya.

d. Saya menikmatinya dengan menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman-teman.

8. Bagaimana Anda menghabiskan uang Anda?

a. Saya senang dengan kemewahan dan pengalaman khusus. Jadi, saya cenderung menghabiskan lebih banyak uang.

b. Saya suka membeli hadiah untuk orang yang saya cintai.

c. Saya bisa mengatur uang dengan baik. Namun, saya tidak keberatan jika harus menghabiskan uang untuk hal-hal yang memang berharga.

d. Saya selalu melakukan perencanaan terhadap pengeluaran saya. Terkadang saya bahkan cenderung pelit.

Untuk melihat jawaban dari tes psikologi ini, maka pilihan jawaban terbanyak menunjukkan tipe kepribadian Anda.

Jika Anda lebih banyak menjawab A, maka Anda adalah tipe sanguinis. Jika Anda lebih banyak menjawab B, maka Anda adalah tipe plegmatis. Jika Anda lebih banyak menjawab C, maka Anda adalah tipe koleris. Dan jika Anda lebih banyak menjawab D, maka Anda adalah tipe melankolis.

Bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan jawabannya? Dalam tes psikologi ini tidak ada jawaban yang benar atau salah. Apapun tipe kepribadian Anda itulah yang membuat Anda istimewa. Teruslah menjadi pribadi yang lebih baik. Tes psikologi ini hanya membantu Anda untuk mengetahui yang manakah tipe kepribadian Anda.

Sekian, itulah serangkaian penjelasan tentang tipe-tipe kepribadian dan tes psikologi kepribadian. Semoga artikel dan tes psikologi ini bermanfaat bagi Anda semua.

 

The post Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments appeared first on Fpedia.id - Database Kehidupan Anda.



from Fpedia.id – Database Kehidupan Anda http://ift.tt/2mMlP9f
Sumber www.fpedia.id
Author


Demikianlah Artikel Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments

Sekianlah artikel Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments dengan alamat link https://akubagiberita.blogspot.com/2017/03/kenali-kepribadian-anda-dengan-tes.html
loading...

0 Response to "Kenali Kepribadian Anda dengan Tes Psikologi Four Temperaments"

Posting Komentar