Agen pulsa murah
loading...

Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu?

Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu? - Hallo sahabat Bagi Bagi Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Unik dan Aneh, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu?
link : Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu?

Baca juga


Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu?

loading...
Kalian semua pasti pernah mendengar apa itu rukun islam dan rukun iman, bukan? Pasti dong, kan masalah itu sudah diajarkan sejak kita masih di sekolah Sekolah dasar alias SD. Tapi seandainya diminta menyebutkan apa saja isinya, kira-kira kita masih ingat nggak ya? Jangan-jangan karena terlalu lama tidak pernah diingat-ingat lagi, lantas kita jadi lupa apa isinya. Kan tengsin banget ketika tiba-tiba ada yang bertanya atau ngetest pengetahuan kita. Nah, agar tidak tengsin, baiknya kita mulai ngecharge ingatan kita yuk…


Rukun islam dan rukun iman merupakan pilar terpenting dalam agama islam yang harus dimiliki dan juga diamalkan oleh umat islam. Ibarat bangunan rumah, rukun iman dan rukun islam ibarat pondasi yang menguatkan seluruh bangunan. Ketika pondasi kuat, maka secara otomatis kuatlah semuanya, sebaliknya ketika pondasinya saja rapuh, maka otomatis akan mudah goyah/rubuh ketika terjadi goncangan. Agar kita semakin paham, sebaiknya simak apa sajakah isi dari rukun islam dan iman yang merupakan pondasi agama kita, berikut ini :

Rukun islam ada lima, yakni :

Baca Inilah Waktu Mustajab untuk Berdoa yang Sering Terlewatkan

1.    Mengucap dua kalimah syahadah.

Ucapkan melalui lisan, hati membenarkan dan amalkan melalui perbuatan. Adapun ucapannya, adalah :
Asyhadu an-laa ilaaha illallaah Wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah
Artinya :
Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.

2.    Mendirikan solat.

Shalat merupakan ibadah yang utama dan kita wajib melaksanakannya setiap waktu.

3.    Menunaikan zakat

Zakat merupakan kewajiban menyisihkan sebagian harta untuk diberikan pada sekelompok orang sesuai syariat dan pada waktu yang ditentukan, yakni pada bulan ramadhan.

4.    Berpuasa di bulan Ramadhan.

Puasa juga merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan umat islam. Ketika mereka berhalangan melaksanakannya, maka wajib digantikan pada hari yang lain.

5.    Menunaikan haji di Mekah bagi yang mampu.

Haji merupakan bentuk ibadah kepada Allah ta’ala dengan ruh, badan dan harta.

Rukun Iman, Ada berapa dan apa saja?

Sementara itu, Rukun Iman ada 6, yang isinya sebagaimana disebutkan Rasulullah Shlalallahu alaihi wasallam dalam hadits yang artinya :
Nabi Muhammad Saw jg pernah bertanya kepada Malaikat Jibril tentang Rukun Iman dan beliau (Jibril) menjawab : “ Iman itu adalah kamu beriman kpd Alloh Swt, Malaikat-Malaikatnya, Kitab – Kitabnya, Rosul – Rosulnya, Hari akhir serta kamu beriman kpd Qodo dan Qadar yg baik maupun yangg buruk (HR. Muslim)”.
Disebutkan dalam hadits diatas bahwa kita, umat islam wajib mengimani atau percaya kepada keenam rukun tersebut :
1.    Iman kepada Allah
2.    Iman kepada Malaikat-malaikat Allah
3.    Iman kepada Kitab-kitab Allah
4.    Iman kepada Rasul-rasul Allah
5.    Iman kepada Hari Akhir
6.    Iman kepada Qada dan Qadar, yaitu takdir yang baik dan buruk
Semoga sedikit informasi tentang apa isi rukun islam dan rukun iman diatas dapat membuka kembali ingatan Anda dan pastinya semoga bermanfaat!

sumber artikel dari kajianlagi.blogspot.co.id


from Berita Unik dan Aneh http://ift.tt/2mXYLl5
noreply@blogger.com (Mukti Effendi) http://ift.tt/2jXj7gh http://ift.tt/2nGLzVs


Demikianlah Artikel Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu?

Sekianlah artikel Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu? dengan alamat link https://akubagiberita.blogspot.com/2017/03/apa-sajakah-5-rukun-islam-dan-6-rukun.html
loading...

0 Response to "Apa Sajakah 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Itu?"

Posting Komentar