Agen pulsa murah
loading...

Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman?

Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman? - Hallo sahabat Bagi Bagi Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Penting, Artikel Fpedia.id – Database Kehidupan Anda, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman?
link : Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman?

Baca juga


Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman?

loading...

Bagaimana cara membuat slime yang mudah dan aman? Pertanyaan itu mungkin sering Anda lontarkan tatkala melihat anak Anda sibuk mencampurkan beberapa bahan dengan alasan sedang membuat slime. Sebenarnya apa itu slime?

Dalam bahasa Inggris, slime berarti lendir. Tapi saat ini slime lebih diartikan sebagai salah satu mainan anak-anak yang memiliki tekstur lembut dan kenyal. Slime sangat identik dengan acara penghargaan Kids Choice Awards.

Karena dalam acara tersebut, biasanya para penerima penghargaan akan disiram dengan slime berwarna hijau. Meski terlihat menjijikkan tapi slime yang digunakan dalam acara tersebut sebenarnya tidak berbau jadi aman jika terkena badan.

Saat ini slime tak lagi hanya digunakan saat acara Kids Choice Awards berlangsung. Slime bisa dijumpai di mana-mana karena cara membuat slime yang mudah. Banyak pula toko mainan yang menjual slime dalam kemasan. Jadi tentu bukan hal aneh lagi jika Anda menemukan anak-anak sedang memainkan slime. Tapi pertanyaannya, apakah slime dalam kemasan itu aman bagi anak-anak?

Jika Anda meragukan keamanan slime yang dijual di pasaran, maka Anda bisa membuatnya sendiri. Ada banyak cara membuat slime yang mudah dan aman, salah satunya dari sampo dan pasta gigi. Cara membuat slime dari sampo dan pasta gigi sangat mudah dilakukan sehingga anak-anak sendiri pun bisa mempraktekannya.

Jika anak Anda ingin membuat slime sendiri, maka Anda bisa mendampingi dan membantunya. Tapi sebelumnya ada baiknya jika Anda mengetahui dulu apa manfaat slime bagi anak-anak.

Manfaat slime

Cara membuat slime dan bermain dengan slime memang terkesan kotor. Tapi jangan salah, hal itu justru baik untuk anak-anak. Bermain dengan slime bisa melatih perkembangan psikologi dan motorik anak, lho. Bermain dengan slime juga merupakan salah satu jenis permainan yang merangsang perkembangan sensorik.

Masih ada beberapa manfaat lain dari bermain slime. Berikut ini adalah manfaat dari permainan slime yang dilansir dari situs Mums Grapevine.

1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Bermain slime secara tidak langsung memberikan tantangan kepada anak-anak berupa cara mengatasi dan memecahkan masalah. Misalnya menemukan benda yang terkubur di dalam slime. Hal itu akan melatih kepercayaan diri seorang anak.

2. Mengajarkan pengendalian diri

Bermain slime dapan memberikan kegiatan pada anak-anak. Hal itu akan membantu mereka untuk mengatur pikiran dan perasaan mereka. Karena itulah ajarilah anak Anda tentang cara membuat slime yang mudah dan aman untuk mereka.

3. Meningkatkan kreatifitas

Slime adalah salah satu permainan yang bisa meningkatkan kreatifitas seorang anak. Dengan slime, mereka bisa membuat apapun sesuai dengan imajinasi mereka. Mislanya, mereka ingin membuat sebuah adonan kue dari slime.

4. Melatih kerjasama

Untuk membuat sesuatu dengan slime, anak-anak bisa membentuk kelompok bermain. Dengan begitu mereka bisa menjalin suatu kerjasama. Tentu hal ini baik untuk mengembangkan kemampuan komunikasi verbal dan fisik seorang anak.

5. Membentuk ketrampilan fisik

Bermain menggunakan slime bisa melatih anak untuk mengembangkan ketrampilan fisiknya. Dengan mempraktekkan cara membuat slime, anak-anak akan menjepit, mencetak adonan, dan membentuk adonan dengan menggunakan tangan. Hal ini sangat baik untuk pikiran dan tubuh anak-anak.

Jenis-jenis slime

Ada banyak cara membuat slime karena slime sendiri terdiri dari berbagai jenis. Berikut ini merupakan jenis-jenis slime yang dilansir dari situs ThoughtCo.

1. Classic slime

Classic slime adalah jenis slime paling sederhana dan paling mudah dibuat.

2. Radioactive-looking slime

Sesuai namanya, slime jenis ini memang terlihat menyerupai limbah beracun.

3. Thermochromic color change slime

Jenis slime yang satu ini sangat unik karena bisa berubah warna sesuai suhu.

4. Edible blood slime

Slime jenis ini memiliki tekstur kental dan berwarna merah sehingga terlihat seperti darah.

5. Flubber

Flubber adalah jenis slime yang memiliki sifat tidak lengket.

6. Electroactive slime

Jenis slime ini terlihat tampak seperti bergerak sehingga terlihat hidup.

7. Soap slime

Sesuai dengan namanya, slime jenis ini kebanyakan menggunakan sabun sebagai bahan dasarnya

8. Gunk or goo

Jenis lendir ini memiliki sifat yang unik, yakni mengalir seperti cairan tapi mengeras ketika ditekan.

9. Silly putty

Silly putty adalah jenis slime yang berupa cairan kental tapi memiliki sifat elastis.

10. Borax free slime

Sesuai namanya, slime jenis ini tidak dibuat dengan menggunakan boraks.

11. Magnetic slime

Jenis slime ini biasanya berwarna hitam dan dapat bereaksi terhadap medan magnet.

12. Glow in the dark slime

Slime jenis ini sangat menyenangkan karena dapat bersinar dalam gelap.

13. Floam

Floam adalah jenis slime yang mengandung polystyrene manik-manik di dalamnya.

14. Glitter slime

Slime ini memiliki ciri dengan tampilan berkilau karena adanya penambahan glitter.

15. Ectoplasm slime

Jenis slime ini biasanya digunakan sebagai pelengkap kostum horor dan rumah hantu.

16. Koolaid playdough

Slime jenis ini mirip dengan plastisin.

17. Edible slime

Edible slime merupakan jenis slime yang dapat dimakan.

18. Fake snot

Fake snot adalah jenis slime yang memiliki ciri khas bening seperti air putih.

19. Oobleck slime

Slime ini dibuat dengan menggunakan tepung dan lem. Slime ini dapat mengalirseperti cairan tapi akan mengeras jika diremas.

Cara Membuat Slime dan Sampo dari Pasta Gigi

Setelah mengetahui jenis-jenis slime, sekarang waktunya membuat slime dengan menggunakan sampo dan pasta gigi. Berikut ini merupakan cara membuat slime dari sampo dan pasta gigi.

1. Perhatikan jenis sampo

Sebelum memulai cara membuat slime, pastikan dulu jenis sampo yang akan Anda pakai. Karena jenis sampo juga menentukan hasil slime Anda nantinya. Kental tidaknya slime akan dipengaruhi dari jenis sampo. Jadi, sebaiknya pilihlah sampo yang kental agar Anda menghasilkan slime yang kental.

2. Tuangkan sampo dan pasta gigi ke dalam wadah

Langkah selanjutnya adalah menuang sampo dan pasta gigi ke dalam wadah. Pastikan takaran sampo dan pasta gigi seimbang tapi usahakan agar takaranya tidak melebihi wadah.

3. Mencampur kedua bahan

Aduk campuran sampo dan pasta gigi dengan menggunakan sendok atau stik. Aduk terus hingga keduanya tercampur rata. Aduklah dengan perlahan jika tidak ingin adonan tertumpah ke mana-mana. Ingatlah untuk mencuci sendok setelah mengaduk, Anda tentu tidak ingin ada sisa slime di sendok.

4. Bekukan campuran slime

Setelah sampo dan pasta gigi tercampur dengan sempurna, masukkan ke dalam freezer. Bekukan selama kurang lebih 10 menit. Pastikan adonan tidak terlalu beku.

5. Keluarkan dari freezer

Setelah 10 menit, keluarkan adonan dari dalam freezer. Tambahkan lagi pasta gigi jika teksturnya masih basah dan lengket. Campurkan lagi lalu masukkan ke dalam freezer. Anda juga bisa menambahkan tepung jagung tapi tidak perlu menambahkan terlalu banyak. Hanya secukupnya saja. Jika Anda ingin memberi warna atau glitter pada slime, tambahkan pewarna makanan yang aman lalu simpan ke dalam lemari es.

6. Slime sudah siap

Setelah selesai, simpan slime ke dalam toples atau wadah tertutup lainnya.

Itulah manfaat, jenis, dan cara membuat slime yang mudah dan aman.

The post Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman? appeared first on Fpedia.id - Database Kehidupan Anda.



from Fpedia.id – Database Kehidupan Anda http://ift.tt/2nNnCsC
Sumber www.fpedia.id
Author


Demikianlah Artikel Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman?

Sekianlah artikel Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman? dengan alamat link https://akubagiberita.blogspot.com/2017/03/bagaimana-cara-membuat-slime-yang-mudah.html
loading...

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman?"

Posting Komentar