Agen pulsa murah
loading...

Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion

Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion - Hallo sahabat Bagi Bagi Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Penting, Artikel Fpedia.id – Database Kehidupan Anda, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion
link : Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion

Baca juga


Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion

loading...

Seorang desainer pasti mempunyai skill untuk membuat desain baju. Dalam pembuatan desain baju seorang desainer biasanya mendapatkan ide dan referensi dari berbagai hal. Berbagai ide kreatif itu pun disalurkan ke dalam pakaian yang akan mereka rancang hingga lahirlah suatu karya yang mengundang ketakjuban.

Menjadi desainer memang merupakan profesi yang menarik apalagi perkembangan fashion terus-menerus berkembang. Perkembangan fashion yang pesat pun membuat orang-orang yang awalnya tidak begitu tertarik dengan mode lambat laun juga mulai mengikuti tren berpakaian.

Karenanya peran desainer sangat diperlukan di sini. Persaingan antar desainer dalam menciptakan desain baju yang menarik pun menjadi semakin kompetitif.

Membuat desain baju memang keahlian para desainer. Lalu bagaiamana dengan para pemula yang juga tertarik membuat desain baju? Tak perlu khawatir karena jalan panjang telah ada di depan mata.

Tetapi untuk menuju cita-cita itu ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam memulai proses merancang pakaian. Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat desain baju bagi pemula.

Ingin Sukses di Dunia Desain Baju? Ini yang Harus Anda Persiapkan

1. Belajar menggambar

Untuk menjadi seorang desainer, Anda tak perlu menjadi seorang ilustrator. Banyak perancang justru menggunakan gaya pribadi ketika mereka ingin menciptakan sebuah karya fashion. Gaya pribadi inilah yang akan memberikan ciri khas pada karya dari seorang desainer.

Untuk menjadi perancang, terlebih dahulu Anda harus mengerti mengenai komunikasi visual. Ambillah kelas menggambar atau pelajari beberapa buku tentang menggambar. Lakukan latihan secara rutin dan teruslah berlatih.

Hal terpenting dari sebuah pembelajaran adalah prkatek. Ini perlu dilakukan untuk menambah keterampilan Anda. Jika Anda belajar menggambar, maka lakukanlah praktek menggambar.

Luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk latihan menggambar. Buku referensi yang bagus untuk menggamabr adalah buku ”You Can Draw in 30 Days” karangan Mark Kistler.

2. Belajar menjahit

Belajar menjahit sangat diperlukan untuk menjadi seorang desainer meskipun Anda tak ingin menjahit desain baju Anda nantinya. Anda perlu mengetahui teknik-teknik dalam menjahit. Dengan menjahit Anda bisa memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif melalui media kain.

Saat ini ada banyak sekali kursus-kursus khusus menjahit. Anda bisa memilih kelas menjahit yang sesuai dengan budget. Belajar membuat pola sangat penting agar Anda bisa mengetahui bagaiamana suatu pakaian dibuat. Anda perlu tahu bagaimana cara membuat desain baju yang ada di kertas benar-benar dibuat menjadi baju. Latihanlah dengan membuat pola-pola sederhana agar keterampilan menjahit Anda semakin meningkat.

3. Belajar mendesain

Anda tentu harus mengetahui tentag teori desain jika Anda ingin menghasilkan suatu desain baju yang inovatif. Membaca buku ”How Pictures Work ” karangan Molly Bang bisa menjadi alternatif cepat untuk memulai. Buku ini akan mengajari Anda tentang bagaimana menjadi desainer yang baik. Jangan batasi diri Anda untuk berkreasi dengan desain baju. Tetaplah praktekkan hasilnya jika Anda telah menguasai teori desain.

4. Belajar fashion

Jika Anda ini menjadi seorang desainer yang sukses, maka pelajarilah semua hal yang berkaitan dengan dunia fashion. Karena jika Anda sendiri tak paham dengan fashion, bagaimana mungkin Anda akan menghasilkan desain baju yang menawan.

Jika Anda ingin menjadi perancang busana yang hebat, maka Anda harus selalu berpikir ke depan. Anda harus membuat desain baju yang tidak termakan zaman. Jika Anda hanya merancang apa yang sedang menjadi tren, bisa-bisa desain baju Anda sudah tidak laku lagi saat bajunya selesai.

Tontonlah video peragaan busana, saat ini ada banyak sekali video yang beredar di Youtube. Anda juga bisa menghadiri acara peragaan busana yang biasa diadakan oleh komunitas perancang setempat. Para desainer akan memamerkan hasil karya-karyanya.

Di sinilah Anda bisa memperoleh inspirasi tentang bagaimana desain baju Anda ke depannya. Anda juga bisa mengetahui tren busana seperti apa yang sedang tren sehingga Anda bisa memikirkan kira-kira busana seperti apa yang akan menjadi tren pada tahun-tahun ke depan.

5. Belajar teknologi

Anda tentu tak ingin menjadi desainer yang gaptek. Maka dari dari itu ada baiknya Anda harus belajar tentang teknologi. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang mendukung pembuatan desain baju, contohnya Adobe Photoshop dan Illustrator.

Jika Anda ingin belajar mendesain secara online, maka Anda bisa kunjungi situs Linda.com atau Tuts. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Wacom untuk membuat desain baju di komputer.

6. Temukan inspirasi

Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri apa alasan Anda ingin menjadi desainer? Apakah karena ketertarikan pada jenis kain tertentu, karya visual yang indah, atau desain baju yang tidak Anda temukan di toko-toko.

Sebenarnya tidak ada alasan khusus yang mendasari seseorang memilih untuk menjadi desainer. Hal terpenting adalah apa yang ada pada diri Anda. Maka temukanlah sesuatu yang membuat Anda tertarik.

Sebelum membuat sebuah desain baju, pikirkan dulu seperti apa kira-kira orang yang akan membeli desain baju Anda atau apakah mereka akan suka dengan desain baju yang Anda buat. Anda bisa menggabungkan gaya dan tren dengan cara yang menarik untuk menghasilkan penampilan baru yang lebih segar.

7. Kenali jenis-jenis kain

Untuk menjadi seorang desainer yang hebat, tentu Anda harus mengetahui jenis-jenis dan tipe kain terlebih dahulu. Anda tentu tak ingin jika nantinya pelanggan Anda kecewa dengan hasil karya Anda lantaran jenis kain yang tidak sesuai. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis hiasan kain seperti renda, manik-manik, maupun bordir.

8. Kenali jenis-jenis warna dan pola

Anda perlu mengetahui penggunaan warna dan pola pada desain baju Anda. Bayangkan jika seseorang akan memakai baju itu, apakah perpaduan warna dan polanya sudah cocok atau belum. Tidak ada aturan yang ketat soal hasil rancangan para desainer. Hanya saja Anda harus memperhatikan hal ini jika tak ingin mengecewakan pelanggan.

Gunakan roda warna untuk mempelajari tentang warna. Selama ini kita hanya mengenal 12 warna saja. Namun untuk menjadi seorang desainer, Anda harus mempelajari semua tentang warna, mulai dari warna primer sampai warna gradasi. Perpaduan warna yang bagus akan membuat desain baju Anda semakin dramatis.

Demikian halnya dengan penggunaan pola pada desain baju. Gunakan cat warna untuk bereksperimen dengan cara mengkomibinasikan warna berbeda. Mungkin Anda bahkan bisa menciptakan kreasi warna baru dalam eksperimen Anda.

9. Buatlah sketsa tubuh manusia

Para desainer profesional biasnya menggambar sketsa tubuh manusia secara utuh sebelum membuat desain baju. Hal itu dilakukan untuk mengetahui seperti apa kira-kira jika desain baju tersebut melekat pada tubuh manusia.

Membuat sketsa memang akan memakan waktu, apalagi hal itu dilakukan berulang-ulang. Mulailah menggambar sketsa dengan menggunakan pensil. Mungkin menakutkan tapi jika Anda sudah terbiasa, maka semua itu tidak lagi terasa sulit.

Buatlah sketsa dengan gaya Anda sendiri untuk memberikan ciri khas pada desain baju yang akan Anda buat. Namun jika Anda tak sanggup membuatnya sendiri, Anda bisa menggunakan karya orang lain.

Tapi Anda tak boleh meniru desain baju orang lain. Untuk sketsa sendiri, Anda bisa mendapatkannya dari buku, majalah, situs-situs online yang menyediakannya.

10. Jiplak gambar dengan pena hitam

Setelah menggambar sketsa dengan pensil, maka langkah selanjutnya adalah letakkan kertas di atas sketsa orang tersebut. Jiplaklah dengan menggunakan tinta hitam.

11. Jiplak gambar pada kertas yang lain

Untuk melakukan hal ini sebaiknya Anda menggunakan pensil. Caranya letakkan selembar kertas putih polos di atas sketsa manusia yang telah Anda gambar. Gunakan kertas tipis untuk memudahkan Anda dalam menjiplak.

12. Gambarlah sketsa rancangan Anda

Gambarlah tipis-tipis desain baju impian Anda dengan menggunakan pensil agar Anda bisa menghapusnya saat terjadi kesalahan. Mulailah dengan yang paling mudah seperti, bentuk dasar busana. Saat desain baju sudah terbentuk, tambahkan detailnya lalu tebalkan seluruh gambar dengan pena.

13. Warnai rancangan Anda

Pada tahapan ini, Anda bisa menggunakan alat gambar apapun yang Anda sukai. Tapi sebaiknya gunakanlah spidol atau pensil warna. Mulailah dengan memberi warna paling terang pada desain baju Anda.

Warnai area yang lebih lebar dengan pulasan panjang dan konsisten. Lalu tambahkan warna yang lebih gelap, pola dan bayangannya. Anda bisa mengulangi langkah ini jika Anda mau.

Mau Berkecimpung di Dunia Fashion? Masuk ke Jurusan Kuliah ini

Nah, sekarang Anda telah mengetahui apa saja langkah-langkah desain baju bagi pemula. Anda mungkin bingung memilih jurusan yang cocok jika ingin menggeluti dunia fashion.

Tak perlu khawatir karena bagi Anda yang bercita-cita menjadi desainer, bisa juga memilih jurusan kuliah ini. Karena pada dasarnya desain baju tak bisa dipisahkan dari fashion.

1. Desain mode

Bagi Anda yang mencintai dunia fashion dan senang menggambar, Anda bisa memilih jurusan ini. Dengan memilih jurusan ini, Anda akan lebih banyak belajar mengenai fashion.

Anda akan dituntut untuk bisa menciptakan mode yang diharapkan akan menjadi tren, seperti desain baju, sepatu, aksesori dan lain sebagainya. Perguruan tinggi favorit untuk jurusan ini adalah LaSalle College Jakarta dan Universitas Bina Nusantara Jakarta.

2. Desain komunikasi visual

Desain komunikasi visual merupakan salah satu jurusan kuliah yang juga bisa membawa Anda menuju dunia fashion. Dalam jurusan ini, Anda akan berhubungan dengan fashion, seperti desainer majalah fashion, tim kreatif untuk acara fashion show, dan masih banyak lagi. Perguruan tinggi favorit untuk jurusan ini adalah Universitas Bina Nusantara dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

3. Bisnis marketing dan fashion

Bisnis memang tak dapat dipisahkan dari kehidupan karena telah merambah ke barbagai bidang, salah satunya dalam dunia fashion. Seiring dengan berkembangnya mode maka hubungan bisnis dan fashion pun kian akrab. Saking akrabnya bahkan ada satu jurusan yang memamg dibuat khusus untuk orang-orang yang ingin mendalami bisnis fashion.

Prospek kerjanya juga menjanjikan. Lulusan dari jurusan ini bisa menggeluti fashion marketing, promosi yang berkaitan dengan fashion, atau mungkin membuat bisnis sendiri bertema fashion. Universitas favorit untuk jurusan ini adalah LaSalle College Jakarta.

4. Artistic make-up

Kecantikan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari fashion. Tanpa kecantikan maka fashion akan terasa hambar. Demikian halnya melalui kecantikan Anda akan belajar tentang keindahan suatu fashion.

Di jurusan ini, Anda tak hanya akan belajar tentang bagaiamana cara merias seseorang. Tapi Anda juga akan belajar tentang bagaiamana suatu riasan mampu menggambarkan tentang kepribadian seseorang melalui padu padan dari pakaian dan riasan. Universitas favorit untuk jurusan ini adalah LaSalle College Jakarta.

5. Fotografi

Jurusan fotografi sangat cocok bagi Anda yang menyukai fashion. Karena keduanya sangat berhubungan erat. Dengan belajar fotografi, Anda akan mengerti dan memahami suatu keindahan yang ditampilkan oleh sebuah foto yang menunjukkan pesona fashion. Universitas favorit untuk jurusan ini adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Jika Anda tak memiliki kesempatan untuk menjalani pendidikan dalam bidang fashion, maka Anda bisa membuat desain baju melalui situs-situs online. Maka dari itu Anda juga harus tahu apa saja situs yang menyediakan tools untuk mendukung Anda dalam membuat desain baju impian Anda.

Tools Online untuk Mendesain Baju

1. Fashion Playtes

Fashion Playtes merupakan situs online terbesar yang dirancang khusus untuk membuat baju anak perempuan. Anda dapat memanfaatkan situs ini jika ingin membuat desain baju untuk anak perempuan. Situs ini menawarkan metode yang mudah untuk merancang pakaian.

Cukup pilih kain yang ingin Anda rancang, lalu Anda akan mulai menggunakan aplikasi kain. Terdapat pula beberapa fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat desain baju seperti, warna, desain, label, dan pratinjau.

Setelah desain baju Anda telah selesai, maka Anda dapat menyimpannya dengan menggunakan akun Anda. Anda harus memiliki akun dulu sebelum menggunakan situs ini. Hal yang paling menarik dari situs ini adalah orang lain bisa membeli hasil rancangan Anda secara langsung.

2. Apliiq.com

Situs ini merupakan situs yang baik digunakan untuk merancang pakaian pria, wanita, anak-anak bahkan bayi. Dengan memanfaatkan situs ini Anda dapat merancang t-shirt, jaket, celana, sweater dan sebagainya.

Ada 4 langkah yang harus dilewati untuk merancang kain, yakni dasar, warna, kain dan patch. Setelah melewati langkah terakhir, Anda dapat melihat berapa harga yang ditawarkan untuk desain baju Anda.

3. Spreadshirt.com

Spreashirt.com juga merupakan salah satu situs gratis yang terkenal di seluruh dunia karena fungsinya yang digunakan untuk merancang pakaian. Anda bisa membuat desain baju di situs ini secara online.

Ada banyak pilihan untuk merancang busana di situs ini, mulai dari pakaian pria, wanita, anak-anak hingga pakaian untuk bayi. Tentukan pilihan Anda dan mulailah merancang. Kelebihan dari situs ini adalah tampilannya yang sederhana sehingga orang yang tidak memiliki ketrampilan desain baju juga bisa menggunakannya.

4. Neighborhoodies.com

Situs online untuk membuat desain baju selanjutnya adalah neighborhoodies.com. Di situs ini Anda bisa merancang pakaian Anda secara gratis. Hal paling menyenangkan adalah karena Anda bisa menjual hasil desain baju Anda. Maka tak perlu heran ketika membuka situs ini Anda akan menemukan beberapa halaman dengan gambar produk dengan harga yang tecantum.

Di situs ini Anda dapat merancang pakaian untuk pria, wanita, anak-anak, bayi bahkan hewan peliharaan. Untuk membuatnya Anda dapat menyesuaikan kain apapun yang Anda suka dengan mengklik Customize.

Setelah itu akan ada dua pilihan HTML dan Flash untuk membuat desain baju. Pilih salah satunya saja yang sesuai dengan desain baju yang Anda inginkan. Tapi sebaiknya gunakan metode flash jika ingin hasil yang lebih baik.

5. Cafepress.com

Di situs ini Anda dapat membuat desain baju Anda sendiri secara online dengan cara mengupload foto lalu mendesainnya. Anda juga bisa menemukan banyak desain baju. Anda dapat merancangnya sendiri ketika sudah selesai.

Semoga artikel tentang desain baju ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin bergelut di dunia mode.

The post Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion appeared first on Fpedia.id - Database Kehidupan Anda.



from Fpedia.id – Database Kehidupan Anda http://ift.tt/2eI05Gf
Sumber www.fpedia.id
Fpedia


Demikianlah Artikel Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion

Sekianlah artikel Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion dengan alamat link https://akubagiberita.blogspot.com/2017/09/tips-dan-tools-desain-baju-buat-para.html
loading...

0 Response to "Tips dan Tools Desain Baju buat Para Pemula di Dunia Fashion"

Posting Komentar